Busana Adipahlawan

Maksud saya kostum para superhero. Saya kan berusaha berbicara dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dan moga-moga Polisi EYD yang terhormat berkenan tidak mencela gaya bahasa saya secara terang-terangan. *Duh!*

(Eh, tapi apa benar superhero bisa diterjemahkan dengan "adipahlawan"? Atau malah "adipendekar"? "Adipejuang"? Istilah-istilah memang suka bikin pusing. Ah, sudahlah!)

Kalau diperhatikan, kostum (saya pilih istilah ini saja, rasanya lebih pas) para pahlawan pembela kebenaran itu jarang yang praktis. Superman dengan celana dalam di luar; Batman... tidak kelihatan di mana letak celananya, soalnya hitam semua; Spiderman yang tidak jelas di mana letak lubang untuk hidungnya, kendati sudah pasti mulutnya tertutup semua -- bagaimana dia akan bernapas? Lewat seluruh pori-pori pakaiannya?

Selain kelihatan unik, gaya, menarik perhatian, kostum mereka bagi saya tidak banyak manfaatnya, malah membuat ribet. Apa gunanya, misalnya, jubah untuk Superman dan Batman? Waktu Clark Kent pertama kali menyadari kemampuannya terbang, dia pasti sedang mengenakan busananya sehari-hari -- barangkali kemeja kotak-kotak dan celana denim sebagaimana digambarkan dalam cerita bergambar karya Jerry Siegel dan Joe Shuster itu. Kalau tidak salah, kostum Superboy yang pertama dijahit oleh ibunya. Jadi mungkin saya harus mencurigai selera sang ibu, yang -- sebagaimana lazimnya para ibu -- ingin anaknya tampil se-TAMPIL mungkin, alias menjadi pusat perhatian. Namanya juga bangga. Hm, jadi ingat ibunya Agus.

Pahlawan-pahlawan rekaan para komikus dalam negeri sama saja. Er... sebenarnya saya harus mengakui, tidak banyak tokoh sains fiksi domestik yang saya ketahui. Saya cuma kenal Gundala Putera Petir, dan... Sri Asih *tersipu-sipu*, yang populer di era remaja ibu saya, karangan RA Kosasih, komikus wayang yang belum tergantikan itu.

Sri Asih boleh dikatakan juara busana pahlawan salah kaprah. Saya pertama kali membaca petualangan Sri Asih di perpustakaan sekolah saya di Surabaya, dan entah kenapa merasa terpikat pada kisah-kisah keberaniannya selanjutnya. Sebagai anak-anak, bisa dimaklumi kalau saya waktu itu tidak melihat kejanggalan pada kostumnya yang ala... wayang orang! Padahal Sri Asih hidup di jaman modern, sehingga kalau dia muncul bisa-bisa dia dikira pemain ketoprak kesasar, walaupun kekuatan fisiknya dahsyat.

Saya berpikir-pikir: seandainya ketika tengah menjalankan tugasnya, tahu-tahu para pembela kebenaran yang gagah berani ini ingin membuang hajat (hajat 'kecil' ataupun hajat 'besar'), bagaimana dia akan melakukannya secepat mungkin dengan kostum yang sedemikian ruwetnya ya? Apalagi kalau di sekitar lokasi kejahatan tidak ada wc umum. Para pahlawan wanita pasti menghadapi tantangan yang lebih besar. Wonder Woman yang punya pesawat sendiri mungkin tidak terlalu mengalami masalah, dengan asumsi pesawatnya memiliki kamar kecil. Tapi bagaimana dengan, misalnya, Supergirl (sepupu Superman) atau Catwoman? Bisakah kita membayangkan Supergirl terbang dengan membawa-bawa gulungan tisyu?

Ibu ini lain lagi cara pandangnya. Dia tidak habis pikir, komentarnya dalam satu sesi obrolan maya dengan saya, kenapa para pahlawan itu merasa perlu berganti pakaian ketika akan menumpas kejahatan. Memangnya mereka tidak bisa melakukannya dengan menggunakan pakaian harian mereka?

Saya mencoba berargumentasi bahwa barangkali pergantian busana itu dimaksudkan sebagai representasi kerendahatian mereka, yang tidak ingin menjadi individu yang dikultuskan. Selain untuk menghindari mudahnya mereka menjadi sasaran para penjahat yang biasanya memiliki akses pada teknologi canggih, meskipun tidak memiliki "adikekuatan" (alias kekuatan super, hehehe...). Tapi dalam hati sebenarnya saya sependapat dengannya, apalagi -- seperti saya sebutkan di atas -- kostum para pahlawan ini pada dasarnya tidak praktis.

Jangan-jangan ini kemauan ibu mereka...

PS. Sondi, mungkin kamu benar, saya sedang terserang blogging frenzy.

9 comments:

komentator nyasar said...

Kalo adipahlawan pengen buang hajat, kan tinggal dikeluarin, soalnya kostum dia 'kan adibusana, ada "bilik2 rahasia" yg ga diceritain scr detail, karena si pengarang mungkin berpikir, cuma orang konyol yg bakalan mikirin itu, termasuk YgPunyaBlog ini, dan temannya!...:D

dalam khayalan saya, "bilik2 rahasia" itu nantinya menghasilkan senjata2 cadangan berupa bom2 (kalo "bahan asal-nya" padat), dan cairan asam (bahan mentahnya ya urin...hihihihi) yg bisa melelehkan logam, dipake kalo berhadapan dgn robot2...semisal lawan2 Mazinga.... [tersipu2 juga jadinya...hehehe]
Dan bom asap, kalo bahan asalnya....??? :D

Dan dalam hati sebenarnya saya bertanya "apa saya ga ikutan konyol ngomentarin postingan ini??" :)

UP, UP and AWAY!!!

'ka said...

hmm... bener juga... kenapa juga pake acara ganti baju ya??? udah gitu mustinya kan buru2 ya??... gak pernah keliatan baju nya kebalik ya? :D

Dinda said...

ada satu adegan di "Incredible" (yak, film animasi itu!). tentang kostum baru si Mr. Incredible dan keluarganya. sang desainer bilang: "Udah gak jaman lagi pake sayap," (ituloh... kain di belakang kayak punya superman). dan si desainer bajunya itu menceitakan betapa sayap itu berakibat fatal (banyak superhero yang mati konyol akibat sayapnya masuk balin2, atau keinjek, atau apapunlah) asli... itu adegan buat gw ngakak! itu RASIONAL bgt deh! heheheheh! The incredibles rule!!!

yang punya said...

komentator nyasar: sudahlah, saya selalu speechless kalo kamu udah "angkat bicara". panjang bok! ngalah2in blognya!

'ka: iya kan? iya kan??? btw, suatu kelangkaan nih ika kasih komentar dalam bahasa indonesia, kekekkekkek... so i guess this is indeed an honor! *bowing*

dinda: wah, gw kok gak perhatiin adegan itu ya? tp gw setuju, rasional banget tuh! untunglah mr. incredible perginya ke desainer, bukan minta dibuatin emaknya, hihihi... *aduh, maaaaaaaaaaapppp.. para emak di dunia! duh, gimana coba, kalo gw entar yg jadi emak2, gw dicela abisssss!*

sontoloyo said...

Kekuatan dan sekaligus kelemahan seorang superhero adalah mereka punya dua kehidupan.
Sebagai seorang yang memanggul kewajibannya untuk membela apa yang dia pikir benar (belom tentu apa yang kita pikir benar), dan juga mereka berperan sebagai seorang manusia yang layaknya ada orang yang dia sayangi.

Dari orang2 yang mereka sayangi itulah timbul kekuatan untuk membela , dan kelemahan karena itulah yang biasanya akan digunakan penjahat untuk melemahkan sang superhero.

Makanya hampir semua superhero harus "berganti baju" untuk menutupi identitas aslinya sehingga si penjahat kaga tau siapakah dia sebenernya (dan orang2 yang mereka cintai untuk digunakan untuk memeras si superhero).

Konsep busananya sendiri gue rasa emang rada2 ribet sih (tapi menurut gue keren..sampe sekarang)...tapi kalau mereka mampu untuk menahan tank baja (bahkan memanggul pesawat boeing 747)....masa iya kaga bisa nahan pipis ?

Untuk kegunaan busana itu sendiri mas komentator nyasar udah ngomong mengenai itu....more or less...pasti ada fungsinya...baju superman itu(dari selimut yang dia pakai waktu jatuh ke bumi) anti peluru dan anti gesek (jadi kaga robek) kalau dia terbang dengan kecepatan suara (belajar fisika kan ?)about sayap part...huhuhuhuhuhu...gue juga kaga tau kenapa...mungkin biar tidak berkerut dan tidak tembus ke samping kaya pembalut wanita.

Kostumnya the flash juga (tapi kenapa warnanya merah yah ? mungkin simbol seperti warna bendera kita, BERANI), jubah batman itu hitam (kamuflase) karena batman nongolnya malam2, dan pasti kegunaan lain seperti tidak mudah bolong,tempat naruh alat2 bantu superhero dll (atau cuman pengen keliatan keren).Juga kostum berperan sebagai jati diri (kaya spiderman..atau manusia gonggo)....agar penjahat takut heheheheheh....belom tentu yang pake kostum adalah beliau.

Kalau fantastic 4 (baca:eF se) jelas..kostumnya mengikuti sifat dari kesuperan masing2...human torch kostumnya tahan api dan panas yang dia timbulkan sendiri,invicible girl kostumnya bisa hilang juga...Mr fantastic kostumnya bisa melar...itu semua hal2 yang tidak bisa mereka peroleh dari baju denim dan celana jeans in the heat of the battle against good and evil.

Some of them just born/be with it...kaya hulk,swampthing dan Namor (kaga pake kostum da' cuman celana pendek).
Kalau X man..kostumnya sesuai dengan tema heheheheheh...kaga tau gue kenapa tuh kostumnya kaya gitu...yang gue tau roque itu memang harus pake sarung tangan karena kekuatan mutant dia adalah bisa menyerap kekuatan orang2 dengan sentuhan (Selain kekuatan fisik yang besar dan bisa terbang).

Kalau mau cari perbandingan nonton deh "the Mysteries" cerita orang biasa yang pengen jadi dan percaya mereka adalah superhero.

Ps: gue lagi komen frenzy hahahahhahaha....

'ka said...

'cuz basically i just wrote whatever comes into my brain 1st... if it's in english then i write it in english. if it's indonesian, well... indonesian it is ;)

the important thing is the message, right? besides, you understand anyway :P

tkg.siphon said...

oii..komentator nyasar....ganggu anak orang aja kau....jadi ga perbaiki tape?

tkg.siphon said...

met...gmn?jdi ga?

Okol said...

Hayo Slamet/ismet/Memet/Tomet/...janji benerin tape kok malah nyasar-nyasar...