Tentang Senyum

Sudah beberapa saat lamanya saya ingin mengirimkan pesan pada seorang teman: "Kamu tahu, kamu manis. Tapi kenapa kamu jarang tampak tersenyum dalam gambar-gambarmu? (Termasuk ketika kamu sedang bersama dengan gadis-gadis cantik kekasihmu, yang selalu tersenyum lebar menatap kamera, seakan ingin membagikan kebahagiaan mereka pada dunia). Padahal kamu punya senyum yang manis dan menyenangkan. Ayo, lebih banyak senyum!"

Tapi saya khawatir bila saya melontarkan kata-kata tersebut padanya dia malah berusaha menebak-nebak apa yang sebenarnya saya maksud, dengan kecurigaan bahwa perempuan pada umumnya gemar menggunakan kata-kata bersayap sembari berharap lawan bicaranya dapat segera memahami maksudnya. Atau yang lebih parah lagi, menarik kesimpulan sepihak mengapa saya memberikan usulan demikian.

Di sisi lain, ada kemungkinan kesukaan memasang ekspresi yang cenderung serius di depan kamera justru karena yang bersangkutan merasa bahwa memang itulah sudut lihat yang paling baik. Saya tahu banyak pesohor maupun bukan pesohor yang selalu yakin bahwa mereka tampak lebih menarik dalam pose tertentu. Ada yang selalu menggerai rambutnya di sebelah kiri, ada yang hanya mau dipotret dari sebelah kanan... dan tentunya ada yang merasa tampak lebih berwibawa dengan raut serius, hehehehe...

Saya sendiri lebih suka dipotret dalam keadaan tersenyum atau tertawa. Dengan alasan yang sama: muka serius saya tidak fotogenik. Tapi saya juga meyakini, bahwa ekspresi ceria akan selalu dapat menyenangkan diri sendiri maupun orang lain. Mungkin kecuali musuh-musuh saya.

Lalu kenapa saya memasang foto Kate Hudson ini? Karena dia salah seorang perempuan dengan senyum dan tawa paling menawan. Dia menyadari itu, sehingga dalam hampir semua gambarnya dia tampil dengan pesona tawanya.

O ya, saya juga yakin bahwa ekspresi tawa akan selalu membuat seseorang kelihatan lebih menarik, walaupun tanpa gigi. Apalagi bila tawa itu tawa yang tulus dan riang.

Ayo senyum!

11 comments:

Boe said...

:) ;) :P :D

Sontoloyo said...

"Smile an everlasting smile, a smile can bring you near to me..."

Seumur hidup gue kaga pernah gue senyum sama orang yang kaga senyum balik ke gue... (kecuali dia udah benci banget sama gue) tapi tetep ajah gue senyumin...it's their problem to hate me rite ??
I think it's one of the secret of happyness...

yang punya said...

betul!!!

biarin aja dianggap gila, yang penting hepi!
:)

mellyana said...

dan ternyata buat siaran pun, senyum itu penting. orang kan pengennya denger suara yang "smiling voice" gitu deh istilahnya :) asal jangan dipaksa, bete banget liat orang senyum kepaksa

Apey said...

betul jeng...apa sih susahnya senyum? kalo dipikir tinggal bikin lengkungan di bibir kok..then voila! cheersss....aku suka benci liat muka sendiri kalo lagi jutek and gak ada sumringah2nya blas...hehe...so let's smile as much as you can...lets make the world around us feel the excitement inside our smile :)

ria said...

setuju...senyum itu sehat...^^

hita said...

ellen, thx ya udah di link. gmn di sana, udah betah kan?
sayang bgt kamu gak bs dtg ke pernikahanku.
tp yg penting doanya ya :)

Dinda said...

kalo aku motret orang, aku paling sebel kalo orangnya gak mau senyum. aku juga merasa, senyum SELALU lebih bagus. senyum yang lepas, pasti buat muka lebih ekspresif. jadi, kalo ketemu orang yang begini, biasanya aku ngajak becanda dulu. setelah dia rileks, baru ketangkep deh senyum yang oke. (ih.. lagak gw kayak fotografer pro ajah!)

nurul said...

wah..sama..gara2 temen kostku ngoleksi DVDnya Kate Hudson, gw jadi ikutan suka..setuju, dia punya senyum yang asik banget :)

Kang Ebet said...

sebetulnya aku suka senyum, tapi karena sedikit memble.. akhirnya jadi jarang senyum deh... :D

Little Sis said...

Hehehe... We'r run in the same blood Sis. As u said, muka kita g fotogenik kalo serius. Ayo dunia, senyum duonk.....